Warning: array_filter() expects parameter 1 to be array, boolean given in /home/itawidya/public_html/wp-content/themes/capture/functions.php on line 234
Loading...
X

Selamat Hari Raya Nyepi

Mungkin beberapa dari kita merasakan keunikan tersendiri melihat umat Hindu senusantara merayakan Tahun Barunya. Biasanya untuk merayakan Tahun baru identik dengan pesta, perayaan, baju baru atau yang lainnya, tapi Umat hindu merayakannya dengan cara membuat suasana sepi, dan sekarang lebih di kenal menjadi kata Nyepi.

Nyepi di bali juga tergolong unik, malem sebelum nyepi tradisi arak”an ogoh-ogoh tidak hilang dari tahun/tahun, tapi untuk tahun ini perayaan ogoh-ogoh di tiadakan karena akan mendekati pemilu demi keamanan. Makna nyepi itu sendiri artinya membuat suasana sepi, tanpa kegiatan (amati karya), tanpa menyalakan api (amati gni), tanpa melakukan perjalanan keluar rumah (amati lelungaan) dan tanpa hiburan (amati lelanguan) yang dikenal dengan istilah “Catur berata penyepian”. Di hari itu umat Hindu melakukan tapa, berata, yoga, samadhi untuk menyimpulkan serta menilai Trikaya pribadi-pribadi dimasa lampau dan merencanakan Trikaya Parisudha dimasa depan.

Bayangkan jika kita yang non Hindu ada di bali, selama 24 jam tidak melakukan aktifitas apapun paling cuman makan dan tidur, apalagi kalau malem suasananya bener” gelap tanpa setitip cahaya. tapi ada baiknya juga kalau nyepi di sana, bener” bisa ngerasain suasanya yang sepi senyap, tanpa ada suara kendaraan yang tiap hari semakin bising saja di telinga.

UNTUK TEMEN-TEMEN YANG MERAYAKAN NYEPI SEKALI LAGI SAYA UCAPKAN

SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN CAKA 1931

Leave Your Observation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>